Aniota Blog - All about Japan

Informasi terlengkap seputar jepang meliputi industri, hiburan, ekonomi, politik, infotainment, idol, culture, pop culture, anime, manga, dll

Rabu, 13 Mei 2020

Dongeng Jepang : Nezumi No Yomeiri*, Ketika Seekor Tikus Mencari Pasangan Hidup


Nezumi No Yomeiri

Zkondusif dahulu kala hiduplah seekor tikus yang sudah remaja untuk menikah. Demi anaknya kedua orang renta dari tikus ini berencana mencarikan seeorang mempelai laki-laki yang terbaik.
“Calon pengantin untuk anak kita haruslah yang paling kuat dan yang paling keren diseluruh dunia” kata kedua orang tua tikus.
“Tapi yang terkuat dibumi itu sebenarnya siapa yah ?” kata kedua oran tua tikus berpikir keras.
Ayah dari si tikus tiba-tiba berkata,
“Aku tahu !! Yang paling terkuat dibumi ini adalah “Sang matahari” dia bisa menerangi seluruh bumi ini”
Kemudian mereka bertiga datang ke tempat “Sang matahari”
“Tuan matahari” yang terkuat di dunia maukah anda memperistri  anak aku ini” kata ayah tikus memohon.
“Saya sangat senang menerima ajakanmu tapi, di dunia ini ada orang yang lebih kuat daripada saya” kata sang matahari sambil tersenyum.
“Eh, siapa itu ?” kata kedua orang tua tikus penasaran.
“Dia adalah “Sang awan” dia bisa menutupi sinarku dengan awannya”
Kemudian mereka bertiga datang menemui “Sang awan”,

“Tuan awan” yang terkuat di dunia maukah anda memperistri  anak saya ini” kata ayah tikus kembali memohon anaknya untuk di nikahi.
Tapi sang awan berkata,
“Tidak, tidak ... saya ini tidak begitu kuat. Saya ini gampang terlempar oleh “Sang angin”.
Kemudian mereka pergi ketempat “Sang angin”,
“Tuan angin” yang terkuat di dunia ”
“Tidak, tidak ... saya bukan yang terkuat didunia ini, karena saya mudah terpental oleh “Sang tembok”. Seberapapun kuat saya “Sang tembok’ sama sekali tidak bergeming”.
“Wah, wah ternyata di dunia ini banyak sekali orang kuatnya” kata si orang tua tikus kebingungan.
Kemudian mereka bertiga pergi ketempat “Sang tembok”,
“Tuan tembok, saya dengar anda adalah orang terkuat didunia ini, maukah anda memperistri  anak saya ini” kata si ayah tikus.
“Hei , coba kalian bisa liat tubuhku ini banyak sekali lubang kecil yang di buat oleh para tikus, sakit sekali rasanya,
“Saya sama sekali tidak bisa menandingi bangsa tikus “.
Kedua orang tua tikus sangatlah terkejut ternyata yang terkuat didunia ini adalah bangsa tikus itu sendiri.
“Ternyata yang paling cocok dengan anak kita adalah pengantin laki-laki dari bangsa tikus juga” kata kedua orang tua tikus kegirangan.
Ternyata dirumah dekat ketiga tikus itu tinggal, ada seekor tikus muda yang memang ingin memperistri anak dari kudua orang tikus itu.
“Maukah kamu memperistri anak kami” kata kedua orang tua tikus kepada pemuda tikus itu.
“Dengan senang hati” jawab pemuda tikus.
Ternyata si gadis tikus itu juga menyukai pemuda tikus kemudian mereka menikah dan hidup bahagia dengan kedua orang tua tikus.
Happy ending...
END
Amanat yang bisa diambil dari cerita diatas :
“Manusia selalu melihat yang jauh terlebih dahulu” tanpa menyadari kadang yang disekitar kitalah yang terbaik. Seperti halnya si tikus yang mencari pasangan hidup terkuat sampai menemui sang matahari, sang awan, sang angin , dan sang tembok tapi pada akhirnya yang terkuat adalah dari bangsa dia sendiri.

Segitu dulu yah mitra masih banyak dongeng Jepang yang pengen minmin share kekalian dari mulai yang abnormal, horor, murung sampai yang romantis pengen minmin share kekalian. Tungguin ajah yah bye bye...

Baca juga : Dongeng Jepang : Restoran yang Memiliki Banyak Pesanan




Note :
Nezumi No Yomeiri : Nezumi dalam bahasa Jepang berarti “Tikus” dan Yome iri atau sistem patrilineal, yaitu mempelai wanita tinggal dan menjadi bagian dari keluarga mempelai pria saat sang mempelai wanita telah melahirkan anak atau telah kehilangan kedua orang tuanya.

Sumber :




Back To Top